ANBK 2021

Melansir laman kemdikbud, pengertian Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan atau Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional perlu dilakukan guna meningkatkan mutu pendidikan kita. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi yang akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar di sekolah, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Asesmen Nasional ini dilaksanakan dalam tiga instrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), survei karakter dan survei lingkungan belajar.

Peserta untuk ANBK 2021 di SD Muhammadiyah Pendowoharjo adalah siswa kelas 5. Diambil 30 siswa sampling dan 5 siswa cadangan. Pelaksanaan ANBK 2021 sediri dilaksanakan pada tanggal 15 – 16 November 2021 dan dibagi menjadi 2 sesi.

Berikut jadwal ANBK 2021 :

jadwal ANBK 2021
ruangan pelaksanaan ANBK

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *